Selasa, 15 Mei 2012

Cara Mengatasi Kinerja Komputer Lambat

Pengunjung mata-jingga.blogspot.com kita tau hampir setiap orang di jagad raya ini pasti pernah mengalami keadaan komputer lambat atau lelet. Mungkin ente yang belum tau untuk mengatasi masalah yang sangat lama ini dan sudah sering terjadi ini ane akan berbagi pengalaman dan tips ini mungkin bisa membantu pengunjung MJ :
Untuk mengetahui mengapa komputer bekerja lelet, lemot, berat, maka kita perlu tahu dulu program-program yang menggunakan memori yang besar. Cara mengeceknya dengan ‘Task Manager’. Bagi yang belum tahu untuk masuk ke Task Manager coba tekan keyboard anda : Ctrl+Alt+Del >> Task Manager >> tab “Process”. Di sini kita dapat melihat aplikasi yang memakan memori. Silahkan di-close/end process saja program-program yang tidak diperlukan. Terus bersihkan harddisk dengan antivirus terupdate. Gunakan antivirus yang lokal maupun interlokal asalkan uptudate. Langkah selanjutnya Matikan Start-Up Application. StartUp Application adalah program-program yang berjalan otomatis ketika kita mulai menjalankan Windows. Untuk cara mematikannya: “Start” >> “Program” >> “Startup” Lalu Delete semua icon yang ada di folder StartUp, ada banyak start-up program lain yang mungkin tidak terdeteksi di folder start-up. Untuk mematikan program-program ini, bisa memakai program bernama “Whats Running”. Sedangkan caranya : Jalankan plikasi What’s Running >> Tab “Startup” >> uncheck semuanya.

Tambahan untuk  untuk pengguna Windows 7:
Control Panel >> Performance Information & Tools (manfaatkan fitur search)>>  Adjust Visual Effects. Di tab “Visual Effects”, pilih “Adjust for best performance”. Atau di list yang terdapat di bagian bawah, silahkan uncheck tampilan visual yang tidak diperlukan. Karena semakin banyak yang di-check, maka semakin banyak memori yang digunakan.

Catatan :
  1. Gunakan program “TuneUp Utilities”. Program ini dapat menyelesaikan almost semua masalah penyebab komputer lambat (termasuk menggunakan solusi-solusi #1 – #4). Aktifkan Turbo Mode agar kompi bekerja dengan lebih cepat. Dan Soptwarenya bisa di download di TuneUp Utilities 2012
  2. Gunakan program bernama CCleaner. Program ini berfungsi menghapus data-data yang “kurang” diperlukan yang biasanya memakan memori komputer. Seperti temporary files, unused icons, permasalahan registry, cache, cookies, dll. Juga ane sediakan soptwarenya dan bisa didownload di CCleaner315

1 komentar:

  1. Wah, bagus nih, mau ane coba satu-satu, komputerku juga lagi rada lambat dikit, makasih atas sharing ilmunya

    BalasHapus