Senin, 21 Mei 2012

Memanipulasi Serta optimalkan Registry Editor (Regedit)

Registry Editor sering juga dikenal istilah regedit. Regedit merupakan basis data yang berisi segala konfigurasi sebuah system. Jika regedit terganggu maka windows pun  juga akan terganggu. Pentingya regedit dalam performa windows maka perlunya di ketahui, ada beberapa cara mengoptimalisasikan dan memanipulasi regedit untuk menunjang kinerja windows anda.
Sebelum jauh melangkah  mengutak-atik registry sebaiknya lakukanlah back up dulu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. sedangkan Cara back up registry yaitu : anda masuk ke menu Start >Run atau tekan tombol Windows+R pada keyboard - Pada window RUN Ketik regedit lalu Enter.


Setelah muncul layar Registry Editor pilih menu File > Export dan Setelah Export Registry File muncul, rename file ke bagian File Name dan langkah selanjutnya Tekan tombol Save. Untuk mengembalikan kondisi Registry Editor seperti semula caranya dengan mengklik 2 kali pada file yang disimpan tersebut.
 

Perlu di ingat juga bagi pengunjung Mata Jingga kadangkala ulasan di atas, yang ane maksud disini jika mau masuk ke menu Start > Run kadang registry registry tidak dapat dibuka karena dan mungking dipermainkan oleh virus, tapi tenang aja disini ane kasih solusi dan berikut cara membuka regedit yang tidak bisa dibuka secara normal : Klik Start -> Run, ketik cmd lalu tekan Enter. Pada prompt CMD, ketikan REG DELETE\HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System/v\DisableRegistryTools lalu tekan Enter. Ketik Y untuk konfirmasi. OK bagi pengunjung Mata Jingga kalo persiapan kita sudah cukup.

Berikut 25 cara memanipulasi registry yang dapat ente lakukan :
  1. Merubah nama pemilik komputer      
    regedit\mycomputer -> edit -> find -> regowner atau regcompany -> isikan nama kamu
  2. Mematikan windows messenger
    hkey_local_machine\software\policies\microsoft, kemudian pilih menu edit|new|key, dan beri nama messenger. Kemudian buat key lagi dengan cara ini di dalam direktori messenger dengan nama key-nya client. Setelah itu, klik menu edit|new|dword value, dan beri nama prevent-run. Klik kanan value preventrun, pilih modify, isi angka 1 pada value data, dan klik ok.
  3. Membersihkan pagefile saat shut down demi keamanan
    hkey_localmachine\system\currentcontrolset\control |session manager. Edit value pada key clear-pagefileatshutdown menjadi 1. Konsekuensinya, proses shut down akan berlangsung sedikit lebih lama.
  4. Menghapus komponen yang terinstal
    banyak komponen windows yang tidak muncul di add/remove windows component sehingga tidak bisa di-uninstall. Arahkan ke folder c:\windows\inf\file sysoc.inf.klik open untuk membuka file ini. Pilih menu edit|replace. Ketik hide pada kolom find, namun kosongkan kolom replacewith, klik replace all. Tujuannya untuk menghapus semua kata hide dalam file ini. Setelah selesai, tutup dan simpan file. Buka control panel dan pilih add/remove programs. Kemudian pilih add/remove windows component, pada windows yang keluar kemudian akan tampak beberapa komponen yang sebelumnya tersembunyi.
  5. Menghindari kadaluarsa pasword pada windows xp pro edition       
    password bisa kadaluarsa jika lama tidak digunakan login. Untuk menghindarinya, atur supaya windows tidak melakukan hal tersebut.caranya, klik start|run, ketikkan userpasswords2 dan enter. Buka tab advanced dan pilih advanced user management, klik tombol advanced dan pilih local users and groups. Klik kanan nama user dan pilih properties. Buka tab general dan enable option password never expires.
  6. Menemukan sebuah utility untuk mengompres dan membuat file self    
    extraction ketikkan iexpress tanpa tanda petik pada kotak dialog start|run, untuk membuat karakter sendiri > klik start|run dan ketikkan eudcedit. Buat sesuaikeinginan kamu, asalakan masih dalam ukuran 64x64 grid. Simpan dengan memilih menu edit|savecharacter
  7. Menghilangkan tanda panah pada icon shortcut di desktop regedit->hkey_classes_root\lnkfile. Hapus value isshortcut. 85
  8. Untuk mengurangi waktu booting yang terasa lama   
    Atur di bios agar booting dimulai dari harddisk baru kemudian cd atau floppy drive pada pilihan berikutnya.
  9. Untuk mempercepat tampilan start menu 
    regedit->hkey_current_user\control panel\desktop. Klik 2 kali value yang bernama menushowdelay ganti angka yang ada menjadi 100. Dengan cara ini, maka delay tampilan start menu semakin singkat.
  10. Menghilangkan start banner pada taskbar  
    jika anda meng-enable setting ini maka panah dan tulisan click here to start akan hilang (tulisan muncul pada saat masuk windows). Key: key_current_user\software\microsoft\windows\current version\policies\explorer\value name: Nostartbanner\data type: Binary value data: (00 00 00 00 = disabled, 01 00 00 00 = enabled)
  11. Membuat shortcut pribadi di windows explore    
    regedit->hkey_classes_root\drive\shell. Kalau sudah, tekan edit>new>key dan contoh beri nama kalkulator>doubleklik pada deffault>ketikan: Buka kalkulator>ok. Edit>new>key. Beri nama command. Doubleklik pada deffault,ketikan: C:\windows\system32\calc.exe (tekan ok). Untuk melihat hasilnya masuk ke my computer klik kanan pada drive c, d, e atau lainnya.
  12. Cara cepat menghapus recent document      
    untuk menghindari orang lain mengetahui file-file apa saja yang baru saja kita buka, salah satu caranya dengan menghapus recent document. Ane kasih caranya: Buka notepad, Ketikkan : Echo y| del c:\windows\recent\*.*\simpan file pada sembarang folder, beri nama (misalnya) hapus.bat. Ingat, ekstensi harus bat. Bikin shortcut file tersebut pada dekstop, Klik kanan shortcut tersebut, pilih properties, Pindah ke tab program, Pada bagian run, pilih minimized, Beri tanda check pada close on exit, Klik ok. Sekarang kamu bisa menghapus recent document dengan cepat, yaitu dengan mengklik shortcut yang telah kamu buat pada desktop.
  13. Mengembalikan folder documents yang hilang di my computer
    hkey_local_machine/software/microsoft/windows/currentversion/explorer/docfolderpaths. Pilih menu edit > new > string value dan beri nama sesuai dengan username yang digunakan di windows (contohnya: Chippers) Klik 2 kali pada value tersebut dan masukkan path tempat dimana documents kamu berada (contohnya d:\documents)
  14. Membuat tampilan berbeda pada jendela logon        
    hkey_users/.default/software/microsoft/windows/currentversion/thememanager. Klik 2 kali colorname dan masukkan teks metallic pada value data.
  15. Menampilkan administrator di welcome screen 
    hkey_local_machine\software\microsoft\windowsnt\currentversion\winlogon\specialaccounts\userlist. Buat sebuah dword value baru dan beri nama administrator. Klik 2 kali administrator dan masukkan angka 1 pada value data.
  16. Login otomatis      
    hkey_local_machine/software/microsoft/windowsnt/currentversion/winlogon Klik 2 kali altdefaultusername dan masukkan username account yang dipilih. Klik 2 kali autoadminlogon dan masukkan angka 1 pada value data. Buat sebuah dword value baru dan beri nama defaultpassword. Klik 2 kali defaultpassword dan masukkan password account yang dipilih pada value data.
  17. Menyembunyikan ikon di desktop    
    hkey_current_user/software/microsoft/windows/currentversion/explorer/advanced, Klik 2 kali pada hideicons dan masukkan angka 1 pada value data.
  18. Membersihkan semua ikon pada desktop        
    hkey_current_user/software/microsoft/windows/currentversion/policies/explorer. Buatlah  sebuah dword value baru & beri nama nodesktop. Klik 2 kali pada nodesktop & masukkan angka 1 pada value data.
  19. Menonaktifkan klik-kanan pada desktop   
    hkey_current_user/software/microsoft/windows/currentversion/policies/explorer, Buat sebuah dword value baru dan beri nama noviewcontextmenu. Klik 2 kali pada noviewcontextmenu dan masukkan angka 1 pada value data.
  20. Mengubah waktu delay ketika membuka menu        
    hkey_current_user/control panel/desktop. Klik 2 kali pada menushowdelay dan ubah angka milidetik yang semula 400 menjadi angka lain. Semakin kecil semakin cepat.
  21. Mengganti warna windows       
    hkey_current_user/control panel/colors. Klik 2 kali window dan masukkan kombinasi warna rgb (gunakan adobe photoshop untuk menemukan kombinasi warna yang sesuai).
  22. Mengganti warna teks dalam windows      
    hkey_current_user/control panel/colors. Klik 2 kali windowtext dan masukkan kombinasi warna rgb.
  23. Menghilangkan tanda anak panah pada ikon shortcut   
    • hkey_classes_root/inkfile    
    • hkey_classes_root/piffile      
    • ubah nama isshortcut menjadi isshortcuts atau bisa juga dihapus
  24. Mengubah Tombol Kiri Menjadi Tombol Kanan Pada Mouse
    HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Mouse. Klik 2 kali pada SwapMouseButtons dan beri angka 1 pada Value Data.
  25. Mengubah Gulungan Baris Pada Scroll Mouse
    HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop. Klik 2 kali WheelScrollLines masukkan angka yang diinginkan (sesuai dengan baris yang hendak digulung) pada Value Data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar